Tips Merawat Website / Blog

 Jasa-klienbuatblog - Sebagai pembuat website atau Blog saya melihat banyak website klien saya yang sudah saya buat tidak berkembang. Banyak yang menjadi penyebab kenapa websitenya klien ini mati suri ? banyak hal, misalnya seperti :

  • Tidak tahu caranya : paling banyak karena tidak tahu caranya (padahal sudah saya kasih e-book panduannya) tapi tetep tidak bisa...? 
  • Sibuk : ini adalah alasan yang paling banyak ditemui sehingga sipemilik website tidak sempat mengurus websitenya. 
Mungkin masih banyak alasan lain yang menyebabkan webiste tidak terurus, setidaknya dua masalah diatas sudah mewakili penyebab mati surinya website.

Untuk itu saya berikan sedikit tips agar bisa merawat website, meskipun dalam kondisi sibuk ataupun tidak tahu acaranya atau malas,, tidak punya laptop dan alsan-alasan lainnya. Tipsnya adalah :
  1. Cintai website anda : Jika anda sudah cinta dan sayang dengan website milik anda tentu dengan senang hati akan merawatnya. Berbagai kendala akan bisa diatasi. Tidak tahu... belajar supaya tahu, cari tutorial di internet banyaaaak sekali. Tidak bisa... belajar supaya bisa. dan lain sebagainya, intinya segala macam kendala apapun akan teratasi. Jadi cintailah website anda. 
  2. Satu Jam perhari : Bagi yang sibuuuk banget, tips saya adalah sisihkan waktu seberapa bisanya anda, apakah 30 menit perhari, atau satu jam perhari dan seterusnya. Sesuaikan dengan kondisi anda. Sisihkan waktu disini untuk membuat konten website, menulis dan mencari foto yang akan dipasang diwebsite. Bisa menulis dikertas lebih dulu ketika anda masih duduk di kendaraan, atau langsung menulis di akun websitenya. satu jam perhari jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus, anda akan terkejut karena hasilnya yang diluar dugaan.
  3. Ingat tanggal jatuh tempo : Tanggal jatuh tempo perpanjangan domain dan hosting harus diingat (dicatat) sehingga tidak sampai terlewatkan. Untuk klien saya kebanyakan membuat website dengan hosting dan domain berbayar. Nah saya sudah memberikan catatan dan kemana harus menghubungi jika saatnya pembayaran tiba.
  4. Jika ketiga hal diatas anda tetap tidak bisa mengerjakan, solusinya anda harus memberikan tugas kepada seorang Admin Website agar bertanggungjawab dengan urusan website. Untuk sebuah lembaga, yayasan, perusahaan, UKM atau lainnya bisa dengan menunjuk karyawan atau mencarai karyawan baru yang berkompeten dengan website. Tapi jika website pribadi mau tidak mau harus mengurus sendiri websitenya.
Begitulah tips dasar dari saya untuk mengelola website. Mungkin masih banyak cara lain yang bisa dijadikan pendukung pengelolaan website. Silahkan anda cari sendiri, atau boleh berbagi dikolom komentar.

Terimakasih




Banner IDwebhost

Post a Comment

0 Comments